You are currently viewing Tips Memilih Insulasi Atap Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Insulasi Atap Sesuai Kebutuhan

Insulasi atap tersedia dalam beragam jenis, termasuk insulasi glasswool, aluminium foil, dan bubble foil. Setiap jenis insulasi pun menawarkan karakteristik dan kelebihannya masing-masing. Jika Anda bingung untuk memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

Jenis Bahan

Kebanyakan jenis insulasi dibedakan berdasarkan jenis bahan yang digunakan dalam proses produksinya. Dan setiap bahan ini akan mempengaruhi performa insulasi sebagai peredam panas. Karena itu, disarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu jenis-jenis bahan yang digunakan untuk membuat insulasi karena setiap atap insulasi difungsikan untuk jenis atap yang berbeda.

Yang perlu diperhatikan adalah apakah bahan tersebut mengandung bahan kimia beracun atau tidak, aman bagi lingkungan atau tidak, serta berbau menyengat atau tidak.

Kemudahan Dalam Pemasangan

Pastikan insulasi yang dipilih mudah untuk dipasang. Insulasi yang mudah dipasang tentunya tidak akan memakan waktu lama. Selain itu, memilih insulasi yang terbebas dari bahan dan zat kimia berbahaya tidak akan membuat repot dalam pemasangannya, seperti harus memakai sarung tangan dan sebagainya.

Ramah Lingkungan

Alangkah baiknya jika kita mendukung gerakan go green dengan memakai barang-barang yang ramah lingkungan, termasuk insulasi atap. Pilihlah produk insulasi yang ramah lingkungan atau dapat didaur ulang kembali untuk mengurangi limbah yang dapat merusak lingkungan. Hindari juga memilih produk yang mengandung zat kimia berbahaya bagi lingkungan dan manusia.

Harga yang Sesuai Dengan Kualitas

Atap insulasi umumnya dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa harga tersebut sesuai dengan kualitasnya. Jangan tertipu dengan harga yang murah, karena Anda pasti mendapatkan kualitas sesuai harga. Lalu, pertimbangkan pula anggaran yang Anda punya untuk atap insulasi.

Pastikan harga insulasi sesuai dengan anggaran Anda, sehingga tidak mengganggu kondisi keuangan Anda. Pertimbangan pula perawatan berkala yang perlu dilakukan untuk menjaga kualitas dan performa atap insulasi dalam menjalankan fungsinya.

Jadi, apakah sudah siap untuk memilih insulasi atap yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda?

Leave a Reply