You are currently viewing Cegah Penyakit Serius, Ini Alasan Scaling Gigi Semarang Penting!

Cegah Penyakit Serius, Ini Alasan Scaling Gigi Semarang Penting!

Apakah anda mendapati karang gigi, plak, gusi bermasalah? Ini tanda bahwa scaling gigi Semarang segera dibutuhkan. Kondisi gigi yang kotor dan bermasalah tersebut jika dibiarkan terlalu lama dapat mengundang berbagai penyakit serius lainnya. Bagaimana prosedur dari tindakan scaling di klinik scaling gigi terdekat

Mengapa Scaling Itu Penting?

Bakteri mulut berbahaya menghasilkan plak, lapisan lengket yang bening pada permukaan gigi. Menyikat atau flossing memang dapat menghilangkan plak, namun pola makan serta kebersihan mulut yang buruk dapat memperparah kondisinya.

Sayangnya, plak menumpuk lama kelamaan mengeras dan akumulasinya dapat menimbulkan penyakit gusi dan kerusakan, yang makin membuat bakteri nyaman bertumbuh di masa mendatang.

Scaling adalah tindakan penting yang mampu membasmi masalah tersebut, menghaluskan permukaan gigi dan gusi yang kasar kemudian menyatukan kembali antara gusi dan akar gigi.

Prosedur Scaling Gigi

Scaling gigi di klinik scaling gigi terdekat umumnya menggunakan bantuan alat bernama ultrasonic scaler dengan cara menghasilkan getaran untuk merontokkan karang yang menempel di sela-sela hingga bagian paling dalam gigi. Alat tersebut juga membasmi karang gigi yang terletak di garis gusi. Berikut prosedur lainnya :

  • Dokter mengobservasi kondisi mulut dan gigi, kemudian menanyakan bagaimana anda merawat gigi. Pasien juga disarankan memberi tahu jenis obat yang biasa dikonsumsi, alergi, riwayat penyakit.
  • Bila kondisinya dinilai baik, dokter selanjutnya mengecek lokasi karang berada.
  • Gigi mulai menjalani prosedur scaling subgingival yang terletak di antara dasar mahkota gigi dan gusi untuk mengangkat kerak. Alat manual juga digunakan untuk membersihkan area karang gigi yang sulit dijangkau.
  • Tindakan root planing dilakukan jika terdapat penyakit gusi.
  • Pasien akan berkumur beberapa kali di tengah proses scaling.
  • Dokter mengakhiri prosedur dengan poles gigi untuk menghapus noda karang gigi.

Ketahui Ini Sebelum Scaling Gigi!

Anda berencana untuk scaling gigi? Ketahui beberapa hal berikut ini sebelum melakukannya, antara lain :

  1. Efek samping

Selama proses scaling mungkin anda akan merasakan ngilu, gusi berdarah, bengkak, hingga nyeri sebab karang gigi terletak di bawah gusi.

  1. Berpuasa

Usai prosedur scaling anda akan diminta berpuasa terlebih dahulu hanya selama 30-60 menit, terutama dari makanan dan minuman berwarna sebab pori-pori gigi masih terbuka.

  1. Konsumsi obat

Beberapa dokter akan memberikan resep obat pereda nyeri apabila scaling menimbulkan rasa sakit. Pasien juga dianjurkan menggunakan obat kumur serta antibiotik sesuai resep dokter sebagai upaya mencegah infeksi juga proses pemulihan yang lebih cepat.

  1. Jadwalkan setiap enam bulan sekali

Agar kondisi gigi, mulut, dan gusi tetap prima anda sebaiknya mulai rutin menjadwalkan ke klinik scaling gigi terdekat tiap enam bulan sekali atau mungkin setidaknya tiga bulan sekali jika kondisinya cukup serius.

Itu dia alasan mengapa scaling gigi Semarang penting serta prosedur, dan informasi penting sebelum scaling gigi.

Leave a Reply