You are currently viewing Cara Tepat Memilih Ice Machine Terbaik

Cara Tepat Memilih Ice Machine Terbaik

Ice machine atau ice maker adalah mesin pembuat es batu, yang tentunya sangat berguna untuk Anda penyuka es atau menjalankan bisnis minuman. Terutama untuk bisnis minuman dingin, ice maker merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan. Sehingga, Anda tidak perlu membeli es batu di pabrik es. Saat memilih ice maker, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Periksa Tingkat Kebisingan Mesin Es

Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan saat memilih ice maker adalah operating noise atau tingkat kebisingan mesin es. Dikarenakan menggunakan motor sebagai komponen untuk membuat es batu, ice maker akan mengeluarkan suara bising atau berisik saat beroperasi. Karena itu, periksalah nilai decibel (dB) dari unit ice maker yang ingin Anda beli.

Pilih yang Memiliki Fitur Cold Insulation

Cold insulation adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk menjaga es batu tetap padat dan tidak mudah mencair. Namun, tidak semua mesin pembuat es batu memiliki fitur ini. Jika ice maker pilihan Anda tidak menyediakan fitur cold insulation, Anda perlu memindahkan es batu yang sudah jadi ke dalam freezer jika tidak segera menggunakannya.

Tentukan Jenis Es Batu yang Ingin Dibuat

Umumnya terdapat dua jenis es batu, yaitu es batu putih dan es batu kristal. Dengan menentukan jenis es batu yang ingin dibuat, akan lebih mudah bagi Anda untuk memilih ice maker yang sesuai kebutuhan. Es batu putih berwarna putih pada bagian tengahnya karena membeku dari luar ke dalam. Es batu jenis ini paling banyak digunakan baik untuk konsumsi pribadi maupun bisnis minuman.

Kekurangan dari es batu putih adalah cepat meleleh. Hal ini karena terdapat udara di dalam es yang mempercepat proses penguapan. Di sisi lain, es batu kristal berwarna transparan dan tidak mudah mencair dibandingkan es batu putih. Sehingga, minuman pun tetap dingin untuk waktu yang lama. Dengan tekstur yang lebih padat, es batu kristal sulit dikunyah.

Sesuaikan Dengan Tujuan Penggunaan

Dalam hal portabilitas, ice maker hadir dalam dua jenis yaitu portable dan nonportable. Ice maker nonportable sesuai untuk penggunaan indoor, seperti di rumah, restoran, atau café. Jenis ini umumnya berukuran besar karena memiliki kapasitas besar untuk menyimpan banyak es batu. Sehingga, harganya cenderung lebih mahal.

Ice maker nonportable juga perlu tersambung langsung dengan pipa air dan membutuhkan saluran air permanen. Beberapa produk bahkan memerlukan saluran pembuangan. Sedangkan mesin pembuat es portable cocok untuk penggunaan outdoor atau luar ruangan. Dengan ukurannya yang compact dan tidak membutuhkan saluran air permanen, Anda dapat membawanya untuk piknik.

Walaupun portable, beberapa produk ice machine portable berbobot cukup berat sehingga tidak mudah untuk dibawa bepergian.

Leave a Reply