You are currently viewing Harga Gigi Palsu Lepasan dan Cara Perawatannya

Harga Gigi Palsu Lepasan dan Cara Perawatannya

Tidak hanya harga gigi palsu lepasan saja yang perlu diperhatikan, Anda wajib tahu juga cara merawat gigi palsu jenis ini. Mengapa gigi palsu harus dirawat? Pada hakekatnya, gigi palsu tidak jauh berbeda dari gigi asli. Gigi palsu juga digunakan untuk mengunyah makanan. Tentu saja, akan banyak sisa kotoran yang menempel jika tidak segera dibersihkan.

Namun karena gigi palsu lepasan bisa dengan mudah dilepas dan dipasang, cara perawatannya juga cenderung berbeda. Lalu, bagaimanakah cara merawat gigi palsu lepasan yang benar? Berikut ini hal-hal yang harus Anda lakukan.

Menyikat Gigi Palsu Setiap Hari

Seperti halnya gigi asli, Anda wajib menyikat gigi palsu setiap hari, khususnya setelah makan. Hal ini penting agar sisa-sisa kotoran yang menempel setelah makan dapat segera dihilangkan. Jika tidak, maka gigi palsu akan dengan mudah terkena serangan karang gigi dan bakteri.

Biasanya, ada sikat gigi khusus yang digunakan untuk membersihkan gigi palsu ini. Namun, ada pula dokter gigi yang mengijinkan pasiennya membersihkan gigi palsu tertentu dengan sikat gigi biasa.

Merendam Gigi Palsu

Saat seusai menyikat gigi palsu dan setelah tidak digunakan lagi, Anda perlu untuk merendam gigi palsu Anda ke dalam cairan khusus. Hal ini bertujuan agar gigi palsu benar-benar bersih dan higienis. Sisa-sisa makanan dan plak juga bisa benar-benar hilang. Cairan ini mampu untuk membunuh kuman dan bakteri yang bisa jadi masih bersarang di sela-sela gigi palsu.

Beradaptasi Dengan Gigi Palsu

Bagi sebagian orang, tidak mudah untuk cepat beradaptasi dengan gigi palsu. Khususnya pada saat mengunyah makanan, banyak yang merasa takut gigi palsu akan terlepas atau bergeser. Untuk itu, sangat disarankan untuk beradaptasi secara perlahan dengan jenis dan harga gigi palsu lepasan Anda. Salah satunya adalah dengan memotong-motong kecil terlebih dahulu makanan yang hendak dimasukkan ke mulut.

Selain agar Anda merasa lebih nyaman, belajar beradaptasi ini juga disarankan agar gigi palsu selalu dalam kondisi terawat. Jika makanan yang dikunyah terlalu besar, ada kemungkinan hal tersebut justru akan cepat mengikis permukaan gigi palsu yang Anda pakai.

Leave a Reply