You are currently viewing Apa Itu Genteng Metal Minimalis? Ketahui juga Tipe-tipenya!

Apa Itu Genteng Metal Minimalis? Ketahui juga Tipe-tipenya!

Jika sebelumnya jenis penutup atap hanya ada genteng dari tanah liat, kini sudah banyak ragamnya, satu diantaranya adalah genteng metal minimalis. Genteng metal adalah alternatif yang sangat tepat untuk atap rumah minimalis anda. Ingin tahu lebih banyak tentang genteng metal? Yuk simak ulasannya dibawah ini. 

Apa Itu Genteng Metal Minimalis

Genteng metal adalah alternatif pengganti jenis genteng lain, seperti genteng dari tanah liat, keramik, beton dan genteng lainnya yang terbuat dari galvanis. Jenis genteng metal ini memiliki bobot yang ringan dengan kekuatan atau daya tahan yang tinggi, sehingga menjadikannya sebagai atap baja ringan populer dan sering digunakan untuk pembangunan, contohnya bangunan komersial, perumahan dan juga industri. 

Tipe Genteng Metal Minimalis

Genteng metal minimalis elegant ini terdiri dari beberapa tipe yang bisa anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. Berikut tipe-tipe genteng metal yang dijual dipasaran:

  1. Genteng metal pasir

Jenis ini merupakan terobosan baru dari genteng metal pasir. Di mana genteng metal pasir terbuat dari lapisan serbuk bantuan yang dicampur dengan bahan dasar zinc phospat, zincalume dan coraltex. Umumnya, genteng ini memiliki ukuran ketebalan mulai dari 0.20-0.40 mm.

Genteng metal pasir memiliki sifat yang anti pecah, tahan terhadap goresan dan benturan, serta dilengkapi lapisan coraltex yang dapat meredam suhu panas. Sistem pewarnaan pada genteng metal minimalis jenis ini telah menggunakan teknologi terbaru sehingga tidak perlu khawatir terjadi pengelupasan atau perubahan warna, meski digunakan dalam jangka panjang.

  1. Genteng metal tembaga

Adalah genteng metal paling menarik dan paling mahal jika dibandingkan dengan jenis genteng lainnya. Genteng metal tembaga sendiri biasanya digunakan sebagai aksen penghias atau atap di atas jendela. Sebagai tambahan informasi, tembaga memiliki daya tahan yang cukup kuat dan mampu bertahan hingga lebih dari 100 tahun. 

  1. Genteng metal spandek

Jenis genteng metal ini seringnya diaplikasikan sebagai penutup atap mall, pabrik, gudang dan ruko minimalis. Genteng metal spandek terbuat dari bahan zincalume atau galvalum yang terdiri dari campuran alumunium dan seng. Akan tetapi, tidak sedikit produsen genteng metal spandek yang menambahkan bahan silikon untuk menambah tingkat kelenturan atap. 

  1. Genteng metal galvalume steel

Merupakan genteng metal yang berbahan dasar dari baja besi atau karbon yang dilapisi alumunium dan seng. Jenis genteng ini umumnya berupa lembaran serupa dengan seng. Pemasangan genteng metal galvalume steel adalah dengan ditanam pada balok gording rangka atau memakai sekrup.

Genteng metal minimalis ini lebih sering diaplikasikan pada bangunan perkotaan, terutama untuk atap rumah. Dikarenakan material galvalume steel tersebut cenderung lentur dan ringan, serta memiliki daya tahan tinggi dan tahan terhadap korosi. 

Leave a Reply