You are currently viewing Fungsi Genset Dan Jenis-Jenisnya Yang Harus Diketahui Sebelum Memilih Merk Genset Terbaik Untuk Industri

Fungsi Genset Dan Jenis-Jenisnya Yang Harus Diketahui Sebelum Memilih Merk Genset Terbaik Untuk Industri

Genset berperan penting sekali terutama pada saat terjadinya pemadaman listrik, dan banyak dibutuhkan di tempat tempat seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan lain-lain. Kini sudah terdapat sejumlah merk genset terbaik untuk industri, maupun untuk rumah tangga. Supaya lebih memahami tentang genset, sebaiknya pahami dahulu fungsi penting dan jenis-jenis genset.

Kegunaan Genset

Genset atau disebut juga dengan generator set mempunyai beberapa kegunaan utama yang cukup krusial, khususnya terkait dengan penyediaan tambahan sumber daya listrik. Inilah kegunaan utama dari generator set (genset):

  • Menyediakan cadangan listrik: Genset berperan menyediakan cadangan daya listrik ketika terjadi pemadaman listrik
  • Menyediakan energi darurat: Genset berguna untuk menyediakan sumber daya energi yang bersifat darurat pada waktu situasi kritis
  • Pelayanan industri: Genset penting sekali sebagai penyedia daya tambahan di dalam suatu kegiatan industri ataupun konstruksi. Pastikan untuk memilih merk genset yang bagus dan berkualitas.
  • Pemenuhan kebutuhan listrik di lokasi yang terpencil: Memberi daya listrik di lokasi yang terpencil yang tak terhubung dengan jaringan daya listrik utama.

Jenis-Jenis Genset

Perlu diketahui bahwa terdapat lima jenis generator set, yang pertama yaitu genset diesel. Genset jenis diesel memakai bahan bakar diesel dalam menghasilkan listrik. Anda dapat mudah menemukan merk genset diesel terbaik karena ini termasuk salah satu jenis genset yang sangat umum.

Selanjutnya yaitu jenis genset gas, yaitu genset yang menggunakan bahan bakar berupa gas contohnya seperti propane atau gas natural. Selain itu, terdapat jenis genset portable yang ringan dan mudah untuk dipindah-pindahkan, serta genset standby untuk menyediakan cadangan daya listrik ketika terjadi listrik padam pada pasokan utama. Anda juga dapat menemukan genset silent type yang biasanya dilengkapi dengan peredam suara supaya mengurangi tingkat kebisingan.

Pemilihan jenis genset tentunya perlu disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi penggunaan secara spesifik supaya cara kerja dari genset dapat maksimal. Itulah jenis-jenis genset beserta kegunaan genset yang perlu anda ketahui sebelum membeli merk genset terbaik untuk industri.

Leave a Reply