You are currently viewing Konversi Genset 10 KVA Menjadi Satuan Watt

Konversi Genset 10 KVA Menjadi Satuan Watt

Apabila Anda ditanya kapasitas genset 10 KVA berapa Watt maka jawabannya ada di artikel ini ya. Perubahan kapasitas atau konversi sangat penting diketahui agar saat ada pemakaian listrik dalam Watt Anda tidak heran dan dapat mengetahui dengan pasti.

Berapakah Nilai Konversi KVA Ke Watt?

Baiklah saat ini kita akan membahas satuan paling dasar yakni KVA atau kilovoltampere. Satuan volt dipakai untuk mengukur tegangan sedangkan ampere dibuat untuk mengukur kuat arus. Satuan kilo Genset 10 KVA sama saja dengan 1000 untuk segala jenis pengukuran.

  • 1 KW = 1000 Watt
  • 1 KV = 1000 volt
  • 1 KVA= 0,8 KW = 800 Watt

Jadi, berapakah Watt dari 10 KVA?

  • 10 KVA = 10 KVA x 0,8 = 8 KW = 8000 Watt 
  • Jadi, dapat Anda hitung dengan sangat mudanya yakni 10 KVA setara dengan 8000 Watt dimana segala kebutuhan listrik Anda jangan sampai melebihi nilai 8000 Watt.

Ketika Anda menghitung semua daya pakai peralatan listriknya melebihi 8000 Watt maka harus ada pengurangan perkakas dan atau penghematan pemakaian perkakas listrik. Ketika Anda telah memakai banyak perkakas listrik dengan bantuan genset maka sebaiknya setelah selesai istirahatkan terlebih dulu selama 2 jam. Pendinginan mesin genset menjadikan komponennya lebih awet dan tidak banyak menimbulkan masalah lain.  

Apakah Nilai Konversi Ke Watt Tersebut Akurat Dan Tepat Pakai? 

Semua perhitungan konversi tentunya telah dibuat tepat dan dengan nilai toleransi sedetil dan seminimal mungkin agar ketepatannya tidak melesat jauh. Adapun langkah aman penggunaan daya dalam Watt semua perkakas dibuat 20% di bawah angka 8000 Watt. Tujuannya adalah untuk mengendalikan toleransi nilai agar tidak overload daya Wattnya. Resiko yang akan terjadi ketika overload daya Watt adalah korsleting yang bisa mengakibatkan kebakaran. 

Persiapan Sebelum Membeli Genset 10 KVA 

Anda harus mengukur berapakah jumlah perkakas yang akan digunakan dan total daya keseluruhan. Barulah ketika semua daya terambil Anda bisa membeli genset yang ukurannya lebih besar dari daya tersebut. Jangan sampai Anda serampangan membeli genset 10 KVA tetapi penggunaan daya semua perkakasnya setelah dihitung melebihi ketentuan genset 10 KVA. Persiapan selanjutnya adalah peletakan genset agar mudah dijangkau, aman dan tidak menimbulkan banyak kendala seperti panas berlebihan karena overheat. Persiapan ketiga adalah teknisi yang dekat di daerah apabila ada kendala perbaikan sementara atau permanen. Genset 10 KVA bisa digunakan hampir di semua sektor. 

Ingat, Genset 10 KVA adalah sebuah genset yang mampu mengatasi daya listrik mati selama pemakaian tak lebih dari 12 jam per hari. Untuk itu, genset silent ini bisa diarahkan sebagai sebuah media yang efektif dalam cadangan listrik saat padam.

Leave a Reply