You are currently viewing 5 Cara Tepat Membersihkan Electric Griddle Supaya Tahan Lama

5 Cara Tepat Membersihkan Electric Griddle Supaya Tahan Lama

Penggunaan jual electric griddle untuk kebutuhan rumah tangga semakin umum dijumpai. Selain memberikan kemudahan dalam memasak, alat ini juga mampu menghasilkan hidangan yang lezat. Lebih dari itu, Anda harus memperhatikan perawatannya supaya fungsi alat tetap bagus.

Mengapa electric griddle harus dicuci?

Seperti peralatan dapur lainnya, griddle rentan kotor gara-gara penumpukan dari pembakaran makanan. Kotoran yang dibiarkan menumpuk akan merusak fitur-fiturnya. Akibatnya, griddle tak bisa lagi digunakan dan harus diganti yang baru.

Electric griddle  bukan peralatan yang membutuhkan perawatan tinggi. Jadi seharusnya Anda tidak malas untuk mencucinya paling tidak satu atau dua kali seminggu. Selain tak perlu mengeluarkan biaya, cara ini akan membantu alat tahan lama, terutama kalau Anda sering menggunakannya.

Bagaimana cara membersihkan griddle yang tepat?

Ada empat hal yang sebaiknya Anda perhatikan saat membersihkan griddle, antara lain:

  1. Keluarkan sisa makanan dari griddle

Seperti yang disebutkan, sisa makanan yang menyangkut pada griddle perlu dikeluarkan untuk mencegah kerusakan. Langkah simpel ini juga sebaiknya dilakukan sebelum Anda mulai mencuci peralatan tersebut untuk memudahkan tahap pembersihan.

Caranya pun mudah. Nyalakan electric griddle dulu sampai hangat. Kemudian, bersihkan sisa makanan, minyak, atau kotoran lain pada permukaan menggunakan tisu atau lap secara perlahan.

  1. Bersihkan memakai sabun dan air hangat

Selanjutnya, siapkan air hangat, sabun, dan spons. Lap permukaan griddle dengan air hangat dan aplikasikan baking soda atau cuka. Gosok perlahan menggunakan spons sampai bagian yang kasar atau terbakar terangkat. Kemudian, basuh residu memakai air bersih.

Pada tahap kedua, cuci griddle menggunakan sabun untuk membilas semua sisa kotoran. Dalam tahap ini, pastikan air tak mengenai bagian yang memuat aliran listrik.

  1. Keringkan permukaan griddle

Setelah semua kotoran berhasil dibersihkan, keringkan permukaan griddle dengan potongan kain atau lap. Langkah ini juga bertujuan untuk mengangkat beberapa bagian yang tidak terangkat bersama sabun atau baking soda.

Kalau dibutuhkan, misalnya saat electric griddle jarang dibersihkan, cuci lagi memakai cuka untuk mengangkat semua kotoran sampai tak bersisa.

  1. Taruh griddle di tempat yang aman

Tahap terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan penempatan griddle aman. Sambil menunggu alat benar-benar kering, periksa kabel serta stop kontak yang digunakan untuk mengalirkan listrik. Pastikan komponen-komponen ini aman dari bagian sobek dan kerusakan lain.

Kemudian, taruh griddle yang sudah kering di permukaan rata. Akan lebih baik kalau penempatan alat jauh dari air atau pemicu korsleting lainnya.

Demikian alasan dan empat cara yang dapat Anda aplikasikan untuk merawat electric griddle di rumah. Semoga informasi ini membantu Anda memberikan perawatan terbaik sehingga bisa terus dipakai memasak.

Leave a Reply